curhat

Bingung!

Lama ga menjamahmu, hai blog! Dua bulan terakhir aku disibukkan dengan kebingungan yang ga berhenti-berhenti. Masalah datang dan pergi, aku gak tau harus nyelesaiinnya dari mana dan bagaimana.

Akhir-akhir ini aku dibingungkan dengan hal-hal seperti, “apa itu dosa?” “di mana Tuhan?” “Siapa Tuhan?” “Buat apa ada agama?” “Kenapa ada moral?” “Apa itu individualitas?” dst dst.

Ditambah lagi aku dibingungkan dengan masa depan tentang bagaimana aku harus bekerja? Sebenarnya aku ini mau jadi apa? Apa yang harus kulakukan sekarang supaya besok aku bisa lebih baik? Tetap kuliah atau D.O trus kerja aja? Buat apa kuliah S1 kalau ga minat untuk penelitian? Mending D3 aja kalu ujung-ujungnya cuma mau langsung kerja. Buat apa kuliah S1 kalau kamu ga mau berpikir kritis? dst dst. Terlalu banyak pertanyaan, terlalu banyak aku melihat orang lain. Aku terlalu bermimpi dan mimpi itu tidak aku wujudkan sendiri. Hanya sekedar “wacana”.

Kebingunganku sekarang berubah menjadi kecemasan. 2014 akan segera berakhir. 2015 sudah ga sabar datang. Kalender 2014 akan segera terganti. Dan ASEAN Community bikin aku galau!!!! 18 tahun aku hidup tapi aku masih belum berbuat apa-apa. Apa yang sudah aku lakukan buat sekolah? Apa yang sudah aku lakukan buat Indonesia?

Aku jarang merenung saat itu. Sekarang, ketika pertanyaan-pertanyaan itu muncul, aku cuma bisa diam dan malah semakin terpuruk. Aku tahu ini buruk, tapi banyaknya pertanyaan membuat aku bingung harus aku mulai dari mana?

Apakah kalian merasakan ini juga? Siapkah kalian menghadapi 2015? Pernahkah kalian berpikir tentang hidup kalian secara mendalam? Tentukan sekarang, teman-teman! Tentukan tujuan hidupmu, bersamaku. Saat ini aku masih setengah sadar. Aku ingin bangun lagi dari tidurku. Ayo kita bergerak sama-sama. Yang muda yang bergerak!

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s