curhat

Proses

Proses.

Proses.

Proses.

Moses. Eh salah! wkwkwkk duh malah nyebut dosen agama. Waduh kacau! Bahahahahah!

Abisan bingung bagaimana ya mengawalinya, hmmm. Jadi, wkwkkw duh apaan sih bingung deh. Hahahaha. Gaje bener ini ketularan mbak yang di sebelah. (eh siapa hil yang ada di sebelah? | waduu gatau, emang aku nyebut ya? | iya barusan kamu nyebut ih | oiya seriusan? kok aku ga ngerasa sih? waahh jangan-jangan aku lagi pake cincin batu akik nih, kayanya aku terhipnotis sama cincin ini!!. *munculah nanti sinetron indonesia judulnya “The Lord of The Akik” —>efek baru aja nonton TLOTR nonstop 3-3 nya ampe mabok!)

End!

Kalo kata mbah KBBI sih proses ada 3 arti, salah satunya runtunan perubahan (peristiwa) dl perkembangan sesuatu. Ini “dl” tuh apaan sih? kok aku ga paham ya? hmmm. Pokoknya ya kalo yang aku pahamin sih proses itu perubahan. Perubahan aja pake titik gitu. Misal perilaku seorang manusia dari yang dulu lebay trus jadi  biasa. Dari yang dulu perempuan masih tomboy-tomboy gitu sekarang udah cakep banget peduli banget ama fesyen, ama muka, badan, dst.

Eh setuju ga sih? coba deh kamu liat temen-temenmu yang dulunya jaman SD tomboy, sekarang dia uda pasti udah berubah banget, ya ga sih? Jadi cewe banget. Edan lah turut bahagia akhirnya dia kembali pada yang seharusnya. Huhuhu terharu. Akhirnya temen-temen kita sadar diri jadi cewe beneraaaann :’)

Nah, pernah ga sih kamu sok-sok ga ada kerjaan trus stalking diri sendiri. Misal pesbuk punya kamus sendiri di buka pas taun-taun SMP atau SD lah. Edaaan pasti udah ketawa-ketawa kan ahahahha liat kelakuannya tulisan ga bisa di filter. Semua-mua di tulis. Tapi ada tuh yang pas jaman SMP udah ga pernah alay-alay-an, alay nya pas jaman SD. Nah kaya gitu tuh juga berproses. Tapi emang prosesnya tiap orang beda-beda tergantung lingkungan. Ada yang temenku itu dulu udah gahoel banget jadi sekarang dia udah ga pernah la update2 status diri sendiri mo kemana lah, galau lah. Sekarang update nya tentang berita bok! Apa yang akan terjadi di Indonesia 10 tahun ke depan (buset! Peramal haha). Ya gitu-gitu deh pokoknya (apa sih?) kaya aku juga nih dari awal ampe sekarang (yang ini nih) gaje banget kan tulisannya, semuanya dimasukin, ga di filter. Guyonannya, apa aja pokoknya di tulis. Tapi ga ngebosenin kan? (atau ngebosenin juga? Hiks. Aku ama kuda nil aja deh) Beda ama orangtua.

Orangtua sudah mengarungi macam kehidupan (wuedan! Kaya siluman |eh emang siluman mengarungi berbagai macam kehidupan? |plis stop Hilda, plis laaa T.T). Makin tau mana yang tepat dan mana yang tidak tepat. Mana yang harus menjadi milik umum dan mana yang menjadi privasi. Mana yang mengganggu dan mana yang tidak.  Makanya semakin dewasa orang biasanya sih semakin bijak (katanya), semakin tenang (katanya). Ia bisa menyaring apa yang pantas dan tidak pantas. Tapi ya balik lagi, proses seseorang itu tergantung dengan lingkungan dia. Di mana dia tinggal, di mana dia sekolah, siapa keluarga mereka. Paling berpengaruh sih ya lingkungan yang paling sering orang itu temui. Entah itu keluarganya, atau mungkin bapa/ibu asuhnya.

Suatu hari aku sedang duduk-duduk di depan kelas sambil nungguin dosen. Aku duduk berdua aja ama temenku. Dia ini salah satu temen yang berpengaruh juga terhadap cara pandangku dan berpengaruh juga terhadap proses hidupku. Kami entah melihat apa, aku agak lupa kejadiannya, kami tidak saling menatap, lalu dia bertanya, “menurutmu kedewasaan itu apa?” aku diam sejenak. Lalu aku menjawab, tapi aku lupa jawab apa! Bahahahahaha. Aku hanya ingat jawaban dia. Dia bilang, menurutnya seseorang bisa dikatakan dewasa ketika dia sadar. Sadar akan dirinya sendiri, sadar akan perilakunya. Sadar untuk segala hal. Aku entah nyanggah apa juga lupa. Wkwkwkw. Pokoknya sejak itu aku jadi mikirin kata-kata dia terus.

Hmmm menurut kalian dewasa itu apa? Apa indikatornya seseorang bisa dikatakan dewasa?

(omaigat kok jadi pindah topik gini wkwkwk)
Maap ngelantur 😀

eh “dl” yang di mbah KBBI itu jadinya apaan sih? (ngomong sendiri)

Standard

2 thoughts on “Proses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s