curhat

Ber-Internet: Tau Situasi Kondisi

Sekarang banyak video-video yang menggambarkan tentang butuhnya manusia untuk bisa melepaskan diri dari gadget dan hidup di dunia yang real, bukan maya. Tapi apakah bisa? Aku bakal bilang bisa, kalo pas itu adalah saat-saat libur kuliah. Dan bakal bilang tidak bisa,

untuk hal yang sebaliknya. Adek kelas aku ada yang bilang, intinya gini, “sekarang tuh udah susah buat ga melepas gadget, rasanya udah terikat. sehari aja ngelepas gadget tuh rasanya udah kudet, gatau apa-apa. padahal aku ya sebenernya ga begitu seneng gadget’an terus. lebih seneng ketemu langsung.” Dan ketika dia bilang kayak gitu, aku juga setuju. Dulu banget waktu jaman-jaman SMA kelas 3, aku ga punya Line. Temen-temen aku pada punya. Dan saat itu juga aku ga ngerti apa yang mereka omongin di kelas. Guyonan mereka, pembicaraan mereka tentang kelas, pembicaraan mereka tentang sekolah. Hal-hal di luar materi pembelajaran sekolah, aku ga ngerti. Baru aku ngeh kalo kumpul sama mereka. Tapi kalo udah kumpul sama mereka juga kadang ga paham karena mereka juga tidak menceritakannya dari awal. Aku berasa anti-sosial.

Hal yang sama juga terjadi di kuliah ini. Semua informasi hampir disampaikan lewat Line. Untung semua punya, kalo engga? Dan kalo uda sehari aja ga buka line tuh harus sampe scroll chat yang ada kali ya 300-an chat. ZzzzZZzz. Dan sedihnya kalo ga buka line trus ketinggalan info tuh jadi ga enak gitu. Misal ada info: besok ada kumpul abis matakuliah B, padahal matakuliah B ga diambil oleh semua mahasiswa dan jadinya ya yang mahasiswa kupu2 dan ga liat line itu ga nyadar deh, abis mereka ikut matakuliah A langsung pulang. Trus sampe rumah, baru buka line, dan baru tau kalo ada kumpul. Trus jadinya ga ikut, kehilangan info lagi. Hhh…. Kalo udah kayak gitu, yang disalahin yang ga buka line, “Makanya, buka line po’o..” Trus dalam hati cuma bisa mbatin, “yaoloh reekkk aku ga bisa liat line 24 jam nonstop kaliii”

Di sisi lain, kalo di rumah kita harus line-an terus, jadinya dimarahin sama Bapak Ibuk, “arek kok dulinan hape terus.” tar kalo di jawab, “Lho bu, ini tuh penting, buat kuliah.” ga percaya.. hmmmm

Serba salah kan.. Di rumah megang hape mulu, di marahin. Di kampus, kalo ga pegang hape, tar ketinggalan info.

Jadi, solusinya adalah, tau situasi-kondisi. Ada kondisi yang memungkin kan kita untuk bisa berhapean ria tanpa di marahin Bapak-Ibuk kok. Jadi kita bisa tetep lepas hape, tapi juga bisa megang hape. Hanya butuh penempatan waktu yang tepat 🙂

Kalo bangun pagi misalnya, jangan keluar kamar terus langsung megang hape! wkwkwk mesti dimarahi, “arek tangi turu kok yo langsung nyekel hape” PASTI! 😀 Kecuali pas di rumah sendirian, yo karepmu meh megang hape 26 jam ga bakal di marahin. Wkwkw. Pas MAKAN. Jangan pegang hape juga. Hormati makanan. Pas di KAMAR MANDI. Ada beberapa Bapak-Ibuk yang udah maklum, tapi ada yang belum maklum. Jadi kenali bapak-ibumu itu tipe yang mana. Huehueheu. KUMPUL KELUARGA di ruang keluarga. Hape jangan di pegang terus. Dan biarkan hapemu berbunyi! Kalo hape dipegang terus, kesannya kita ga menghargai “kumpul keluarga” itu. Dan kalo hapemu bunyi, kan semua orang jadi tau kalo ada sesuatu di hapemu, jadinya ketika ada sesuatu itu dan kamu megang hape, yaaa bisa maklum lah mereka. Wkwkwkwk. Udah sih itu aja. Jadi, saat-saat yang paling bisa dipakai untuk bergadget ria adalah ketika malam hari di kamar. Hahaha. Oiya, ngomong-ngomong, intinya sih, harus disesuaikan porsi waktu antara bergadget dan tidak bergadget.

Itu menurut pendapat saya. Hubungannya sama video di atas? Video di atas juga menunjukkan tentang tau situasi-kondisi. Kalo emang pas kondisinya lagi memungkin untuk bisa bergadget ya gapapa, lakuin aja. Oiya! sama kita harus mengenali diri sendiri. Kita orangnya bisa multi-tasking atau engga. Kalo engga, ya jangan memaksakan diri untuk bergadget sambil melakukan hal lain yang offline. Soalnya kecenderungannya nanti yang offline terabaikan.

Demikian curhatan sekaligus tips dari saya berdasarkan pengalaman. Hehehehe. Selamat beraktivitas bagi makhluk kalong 🙂

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s