curhat

Novel & Hidup

Ketika baca novel, ada orang yang tipenya, yang penting baca aja, trus selesai deh. Ada orang yang tipenya pelan-pelan, dibaca satu-satu, diteliti satu-satu, jadinya selesainya lama banget, tapi setiap kejadian di novel itu dia berhasil mengingatnya dengan baik, setiap kalimat yang mengandung makna akan tersimpan baik dalam benaknya. Adapula orang yang dia membolak-balikan halaman karena mugkin ketika berada di halaman tengah, dia lupa apa yang ada di halaman awal sehingga ia menuju kebagian awal lagi supaya mengerti di bagian tengah yang ia baca.

Mungkin, hidup juga kayak baca novel. Pilih mau cepat berakhir tanpa tahu apa-apa? Atau perlahan saja, tapi ketika selesai mengerti benar apa yang selama ini sudah dijalani. Atau, berjalan cepat, lalu kembali lagi, berjalan lagi dan kembali, begiu seterusnya.. mana yang efektif?

Tergantung orangnya sih… Dia yang punya hidup, dia yang menentukan mana yang efektif dan pas dengan dirinya. Dengan kemampuannya mungkin (?)

Tapi kalo aku, aku menyadari, bahwa seharusnya aku yang kedua, yang perlahan-perlahan tapi ketia sampai akhir, aku selesai dengan mengerti detailnya bahkan mungkin bisa menceritakan kembali. Karena aku lemah untuk mengingat kata. Kalopun yang pertama, berarti aku tidak cukup hanya membaca habis buku itu sekali, tapi harus 2 bahkan 3 kali untuk sampai mengingat.

Ya kayak kuliah ini sih. Paling ga, sebelum lulus, aku harus punya sesuatu lah!

Standard
poetry

Tidur

Rasanya malam begitu cepat

Mata tertutup kemudian terbuka begitu saja

Tidurku hanya ketiduran

Bukan disengaja

Tak ada persiapan untuk aku tidur nyenyak

Lampu kamar putihku masih menyala

Handphone dengan koneksi data masih tersambung di sebelah tubuhku

Rambutku yang bergelombang masih dibalut kain pengikat

Pengait bra tidak kulepas

Nyamuk yang biasa menemaniku tidur tak lagi kudengar suara kepakan sayapnya

Doa tiap malam lupa kulantunkan

Begitu juga dengan mengoleskan minyak ke kaki dan sikutku yang kering

Malam-malam dengan tidur tanpa sengaja

Tidak sehat,

Memang benar. Tidurku tidak sehat.

Oleh karena itu tiap pagi kurasakan pegal di bagian pundak dan punggungku

Tak ada rasa bugar setelah bangun

Mungkinaku harus berubah

Menyiapkan segala tidurku

Menyiapakan apa yang perlu aku lakukan di segala kegiatanku, bahkan untuk kegiatan tidur sekalipun

Tidur bukan hal yang kecil

Dan bahkan tidur untuk selamanya merupakan hal yang begitu mengubah

Standard