curhat

Menerima Emosi

Jenis-jenis emosi ada banyak.
Makin ke sini aku makin belajar untuk menerima emosi. Ketika merasa rindu dengan orang yang disayang, mencoba untuk betul-betul merasakan rasa rindu itu. Perasaan itu coba diterima, dicoba untuk benar-benar merasuk, lalu dilepaskan.

Bagaimana caranya untuk melepas? Caranya bisa macem-macem sesuai yang kita inginkan. Kalau aku, rasa itu aku coba lepaskan lewat tulisan kayak gini. Tadi pagi bangun tidur rasanya aku kangen banget sama seseorang. Tapi aku ga bisa bilang karena aku takut kalau aku mengganggu. Dan mungkin memang rasa kangen itu lebih baik dirasakan sendiri. Jadi ya aku menerima perasaan itu.

Aku kangen, kangen banget. Aku jadi keinget sama apa yang dia bilang ke aku. Kalo aku harus jadi orang yang mandiri, lebih dewasa. Ak harus belajar untuk ga kekanak-kanakan, bisa menyelesaikan masalah sendiri. Oleh karena itu aku coba buat mikir, apa-apa saja yang harus aku lakukan hari ini. Aku coba bawa emosi itu ke arah yang lebih produktif. Biasanya aku kalao udahkangen rasanya ogah-ogah’an. Mau ini mau itu males. Setelah dipikir-pikir, itu hanya buang waktu, dan bukan berarti dengan kita kangen dan malah males-malesan masalah kita akan selesai. Masalah kita tetap akan jadi masalah kita. Tanggung jawab, pekerjaan punya kita akan selalu jadi punya kita. Jadi aku bangun dan aku langsung nyuci baju karena hari ini aku ada agenda buat bikin laporan sama temen2 sedangkan tiap sabtu sudah jadi agenda rutinku buat bebersih.

Aku ga mau emosi ku hari ini ilang begitu saja (aku ga mau memoriku ilang gara2 lupaan) aku coba tulis. Dan jadilah seperti ini. Rasa rindu tetap ada, tapi setidaknya, aku bisa jadi lebih baik dengan berusaha untuk tidak menyangkal atau bahkan membohongi diri sendiri. Berusaha untuk menerima emosi itu. Menerima, dan melepaskannya ke arah yang produktif dan bermanfaat buat diri sendiri yang notabene hal-hal itu tentunya hal yang positif.

Bekasi

06.20

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s