News

5 Pesan Penting Ditengah Corona

Well, setiap hari kita mendengar peraturan baru dan kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah atau atasan kita terkait adanya pandemic Covid-19. Mulai dari peraturan socal distancing, physical distancing, mencuci tangan dengan sabun, perubahan dari hanya yang sakit yang menggunakan masker sampai yang terbaru adalah semua orang menggunakan masker. Dari PSBB, karantina wilayah, KRL yang mengalami perubahan jadwal, komplek-komplek perrumahan yang di-lockdown, pasar tradisional yang mulai ditutup dan sebagainya.

Sebagian di antara kita mulai bosan pula berkegiatan #dirumahaja. Yang masih sekolah mulai bosan dan ingin bertemu teman-temannya. Yang ada diperantauan mulai rindu dengan keluarga di kampung halaman. Namun, ada hal-hal yang harus kita selalu ingat tentang pandemi ini supaya kita mampu melewatinya dengan baik dan tetap happy dalam menjalaninya. Berikut 5 pesan penting yang harus kita ingat:

  1. Tetap semangat, tidak boleh lengah

Pandemi itu memang lama. Tapi bisa berangsur-angsur membaik, seperti yang pernah terjadi di Dilansir dari bbc.com,  Tim BBC East Asia Visual Journalism mengajak kita untuk memproyeksikan. Ada 2 skenario yakni yang pertama jika di Jakarta tetap hanya dilakukan social distancing (diasumsikan 3 dari 10 penduduk di Jakarta berdiam diri di rumah), dan yang kedua adalah jika dilakukan karantina wilayah secara masif (diasumsikan 5 dari 10 penduduk di Jakarta tidak keluar rumah dan menjaga jarak). Jika yang terjadi adalah skenario pertama, diproyeksikan puncak pandemic Corona di Jakarta ini baru akan terjadi di bulan Agustus. Sedangkan jika yang terjadi adalah scenario kedua, maka puncak pandemic ini terjadi di bulan Juni.

Lama? Ya. Kalau melihat dari proyeksinya memang lama. Namun inti dari tulisan dan hasil proyeksi ini adalah supaya kita berjaga-jaga dan kita tidak boleh lengah. Kita tetap harus semangat dan berpikir secara strategis. Bukan terus-menerus mengeluh, tapi kita harus menyiapkan amunisi dan berpikir, apa yang bisa kita lakukan? Semangat selalu. Kita harus yakin bahwa kita bisa melaluinya J

  1. Mengelola bosan dengan membuat rutinitas baru

Mengetahui bahwa pandemic ini akan berlangsung lama, maka tidak ada salahnya kita membiasakan diri menciptakan kebiasaan baru. Jika kita #dirumahaja kita bisa belajar untuk tetap bangun pagi dan berolahraga supaya badan tidak kaku. Lalu membuat sarapan dan berkumpul bersama keluarga, lalu bekerja atau sekolah atau kuliah, lalu kita berjemur, bekerja lagi dan makan siang, bekerja lagi lalu ngobrol bersama keluarga. Kalau kamu bukan yang di rumah aja, kita bisa tetap menjaga makan-makanan sehat, bekerja dengan pikiran yang jernih dan melakukan meditasi.

  1. Jaga kesehatan fisik-mental-keuangan

Berolahraga, melakukan meditasi, dan berhemat sebaiknya dilakukan. Bayangkan seperti kita hidup dalam kesusahan yang mana bisa saja kita jatuh dalam kesusahan suatu hari. Hal ini tetap baik untuk membuat kita menjadi orang yang lebih kuat. Berolahraga membuat pikiran lebih happy karena hormone-hormon yang membuat kita memiliki mood yang baik muncul. Meditasi juga membuat jiwa kita lebih waras. Menjaga keuangan dilakukan supaya kita lebih merasa aman. Namun, tetap harus berbagi selama masih bisa.

  1. Sapa dan tanya kabar keluarga dan orang terdekat

Orang tua, saudara kandung, sepupu, paman bibi dan kakek nenek adalah orang-orang yang harus kita kontak di situasi yang tidak menentu ini. Baik sedangan dalam keadaan rukun atau tidak, keadaan yang menyengangkan atau sedih, keluarga adalah orang yang terikat dengan kita. Pun juga teman-teman terdekat. Tanyakan kabar mereka, siapa tahu bisa saling menguatkan. Mungkin kita juga menjadi bisa lebih dekat di situasi seperti ini.

  1. Luangkan waktu berdoa

Apa yang terjadi di dunia tidak bisa dilepaskan begitu saja dari peran semesta. Manusia hanya sebagian kecil dari luasnya semesta yang bergerak. Maka, yang sedang terjadi sekarang pun juga bukan hanya kehendak manusia tapi mungkin memang sudah waktunya ini semua terjadi. Oleh karena itu, sebagai makhluk yang hanya bisa mengusahakan apa yang kita bisa, kita perlu untuk tetap berharap dan memohon kehendak-Nya supaya semesta juga turut mendukung wabah pandemic ini bisa berangsur-angsur berakhir dan membaik.

Kira-kira seperti itulah pesan-pesan yang bisa selalu kita ingat supaya tetap happy dan waras ditengah pandemic Covid-19 ini. Semoga sehat selalu ya, teman!

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s